Berikut
adalah codingan di pascal nya:
1.Codingan Parameter bantu:
Codingan ini
berfungsi untuk memberikan rumusan akan langkah-langkah yang akan dibuat dalam pemrogramannya,bisa
di katakan sebagai rumus nya:
Berikut
sedikit pengertian dari fungsi codingan nya:
#Uses crt;
Perintah
ini digunakan untuk membuat sebuah program baru
#Label ulang;
Perintah
ini dimaksudkan untuk menjelaskan sebuah Program Perulangan
#Var x1.........yb:real;
Perintah
ini digunakan untuk mengurutkan data pergolongan,semacam langkah2nya
# i, j, k :integer;
Perintah
ini menyimbolkan bahwa i,j,k formatnya adalah Integer
#begin
Perintah
ini digunakan untuk mulai masuk ke dalam langkah2 program intinya
#Ulang
Perintah
ini digunakan bila kita memilih menu Ulang pada program
# ClrScr [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk
membersihkan layar.
sintaks: ClrScr; ..[Clear screen]
2.Codingan Cetak Tabel:
Codingan ini
berfungsi untuk mencetak tabel data yang akan di input agar tampil rapih
tersusun.

Berikut
sedikit pengertian dari fungsi codingan nya:
# Write/Writeln [prosedur].
Digunakan untuk menampilkan isi
dari suatu nilai variable di
layar.
Sintaks: Write/Writeln(x);
Keterangan : x = variabel.
# Read/Readln [prosedur].
Perintah ini digunakan untuk
memasukkan [input] data lewat keyboard ke dalam suatu variabel.
Sintaks: Read/Readln(x); (ingat,
selalu diakhiri dengan titik koma [;])
Keterangan : x = variabel.
Read = pada statemen ini posisi
kursor tidak
pindah ke baris selanjutnya.
Readln = pada statemen ini posisi
kursor akan
pindah ke baris selanjutnya setelah
di
#Repeat
Perintah ini digunakan membaca
perulangan untuk kembali ke awal bila dibutuhkan
#y2 := x2 * x2 * x2 – 7 * X2 + 1;
Perintah ini berfungsi memasukan
rumus dari program perhitungan yang akan dibuat
#If (y1 *y2) <0 then write (‘Nilai OK’)
Perintah ini memberikan pilihan
jika data nya x1 * x2 maka “Nilai nya Ok”
#Else write(‘Nilai tidak sesuai’);
Perintah ini memberikan pilihan
jika nilai tidak memenuhi syarat Nilai Ok maka “Nilai Tidak Sesuai”
#End;
#End;
Perintah ini digunakan untuk
menghentikan sebuah statmen suatu langkah
3.Codingan
untuk Penjelasan dari Tabel di atas:
Codingan ini
berfungsi untuk memberikan penjelasan dari yang akan di tampilan pada output
yang berbentuk Tabel



4.Codingan Menu di Program akhiran:

Maka
bila sudah selesai kita Running dengan klik menu tool “Run” atau ctrl+F9

Hasil
dari Tabulasi dari X1
Maka
data tabulasi dari hasil codingan rumus di atas maka kita dapatkan seperti di
bawah ini

Hasil
dari Tabulasi X2:
Sedangkan
untuk tabulasi X2 akan menampilkan yang berbeda karna telah di tentukan masing2
sesuai dengan rumus yang telah dibuatnya

Tidak ada komentar:
Posting Komentar